WAJAH PERPUSTAKAAN KITA


JUDUL - JUDUL SKRIPSI / THESIS / KARYA ILMIAH

Senin, 11 April 2011

SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA DINAS KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN KABUPATEN WONOGIRI MENGGUNAKAN PHP DAN MySQL


DERMAWAN, NURSAHID (2010)
ABSTRAKSI

Perkembangan internet dan teknologi komunikasi sangat luar biasa dan jauh berbeda dengan masa awal kehadirannya. Web merupakan salah satu sumber daya internet yang berkembang pesat. Web telah membentang ke seluruh penjuru dunia, tidak hanya terbatas pada lembaga-lembaga penelitian yang ingin mempublikasikan hasil riset, digunakan oleh perusahaan bisnis untuk mendukung kelancaran usaha, web juga banyak digunakan untuk mengetahui atau bersilaturahmi antara konsumen atau pengguna internet serta sebagai media informasi yang sangat efisien.
Keberadaan internet saat ini sangat dibutuhkan untuk menunjang luasnya tingkat kebutuhan dan pengetahuan seseorang. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang semakin banyak informasi yang ingin diketahui dan dipublikasikan kepada masyarakat. Sebuah informasi dapat dikatakan berguna apabila ditopang oleh tiga hal sebagai berikut yaitu tepat pada kebutuhannya atau relevan, tepat pada waktunya atau timelines, dan tepat nilainya atau accurate.
Perancangan profil Dinas Kehutanan dan Perkebunan ini nantinya akan memudahkan dalam informasi dari suatu bidang kehutanan dan perkebunan yaitu tentang harga dan hasil-hasil sumber daya kehutanan dan perkebunan seperti jati, mahoni, mangga, rambutan, serta tumbuhan keras lain sejenisnya menggunakan PHP dan MySQL. Selain itu, rancangan sistem informasi ini dapat memberikan manfaat kepada Dinas Kehutanan dan Perkebunani Kabupaten Wonogiri.
Pengembangan sistem informasi Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Wonogiri diharapkan mendapatkan suatu sistem informasi berbasis Web dinamis, penyebaran informasi serta kegiatan sosial yang dilakukan secara manual atau langsung di lapangan dapat ditampilkan secara elektronis dan fleksibel.

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1.
LATAR BELAKANG
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak terlepas dari perkembangan kebutuhan manusia. Berbagai kebutuhan mendorong daya pikir manusia untuk mengembangkan teknologi sehingga dapat memberi kemudahan-kemudahan dalam setiap bidang kehidupan, salah satu bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang berkembang dengan pesat adalah sistem teknologi informasi. Salah satu teknologi informasi yang berkembang sangat pesat adalah media internet yang dapat diakses dari mana saja, sehingga pemasukan data dapat dilakukan dari mana saja dan dapat dikontrol dari satu tempat sebagai sentral.
Perkembangan internet dan teknologi komunikasi sangat luar biasa dan jauh berbeda dengan masa awal kehadirannya. Web merupakan salah satu sumber daya internet yang berkembang pesat. Web telah membentang ke seluruh penjuru dunia. Tidak hanya terbatas pada lembaga-lembaga penelitian yang ingin mempublikasikan hasil riset, digunakan oleh perusahaan bisnis untuk mendukung kelancaran usaha, Web juga banyak digunakan untuk mengetahui atau bersilaturahmi antara konsumen atau pengguna internet serta sebagai media informasi yang sangat efisien.
Keberadaan internet saat ini sangat dibutuhkan untuk menunjang luasnya tingkat kebutuhan dan pengetahuan seseorang. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang semakin banyak informasi yang ingin diketahui dan dipublikasikan kepada masyarakat.
Seiring dengan perkembangan internet yang semakin pesat dan dengan melihat permasalahan tersebut, maka penulis berinisiatif membuat rancangan program dan database khususnya profil pada bidang kehutanan dan perkebunan. Hasil rancangan ini nantinya akan memudahkan dalam informasi dari suatu bidang kehutanan dan perkebunan yaitu tentang harga dan hasil-hasil sumber daya kehutanan dan perkebunan seperti jati, mahoni, mangga, rambutan, serta tumbuhan keras lain sejenisnya. Selain itu, rancangan yang akan penulis buat ini dapat memberikan manfaat kepada dinas perkebunan itu sendiri, khususnya bidang kehutanan dan perkebunan di Kabupaten Wonogiri.
Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Wonogiri dahulu merupakan satu instansi dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura. Seiring perkembangan jaman, tepatnya pada bulan Januari 2009 pemerintah Kabupaten Wonogiri memandang perlu membagi dua instansi tersebut sesuai dengan bidangnya masing-masing agar tidak terjadi tumpang tindih kepentingan. Tergolong dalam instansi yang terbilang sangat muda, khususnya Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Wonogiri, penulis mempunyai gagasan membuat suatu sistem informasi berbasis Web dinamis, penyebaran informasi serta kegiatan sosial yang dilakukan secara manual atau langsung di lapangan dapat ditampilkan secara elektronis dan fleksibel.
Kabupaten Wonogiri merupakan daerah perbukitan yang mempunyai Dinas Kehutanan dan Perkebunan yang mengelola jenis tanaman yang cukup banyak dan sumber daya manusia yang memadai. Letaknya strategis, yaitu dengan terdapatnya Waduk Gajah Mungkur dan merupakan hulu dari sungai Bengawan Solo terasa sangat penting apabila bidang kehutanan dan perkebunan berperan sejak dini. Melihat masalah ini, sudah semestinya masyarakat meningkatkan kesadaran menanam pohon agar menjaga debit air di Wonogiri.
Informasi pendukung kelancaran kesadaran menanam pohon secara tidak langsung akan dibahas dalam profil yang akan dibuat penulis, fasilitas ini lebih praktis dan lebih ekonomis. Pemanfaatan layanan informasi dapat dibuat sebuah basis data yang bisa memberikan layanan informasi kepada seseorang atau sekelompok masyarakat yang membutuhkannya.
1.2.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang penulis kemukakan di atas, maka timbul berbagai permasalahan antara lain bagaimana mengembangkan sebuah sistem informasi pengelolaan data kehutanan dan perkebunan berbasis Web menggunakan PHP dan MySQL yang handal, efektif dan efisien serta dapat digunakan untuk sebagai media informasi secara elektronis dengan memanfaatkan sistem yang akan dirancang meliputi :
1.Bagaimana merancang program dan database Sistem Informasi Pengelolaan Data Dinas Kehutanan dan Perkebunan berbasis Web menggunakan PHP dan MySQL sebagai sarana informasi alternatif yang efektif.
2.Bagaimana membuat informasi perkebunan yang detail dan sejelas mungkin untuk menanggapi minimnya pengetahuan kehutanan dan perkebunan serta memudahkan masyarakat terutama kaum petani untuk mengetahui informasi terkini sumber daya kehutanan dan perkebunan Kabupaten Wonogiri yang tersedia, beserta statistik peningkatan produksi tanaman.
3.Bagaimana membuat Web agar pegawai lebih mudah mengoperasikan dan memahami mulai dari halaman admin, sampai entri data sehingga output lebih valid.
1.3. Tujuan Perancangan
Profil kehutanan dan perkebunan ini dirancang dan dibuat dengan tujuan sebagai berikut :
1.Mengembangkan sebuah profil kehutanan dan perkebunan Kabupaten Wonogiri yang efisien dan efektif.
2.Membantu mempermudah masyarakat untuk mengetahui sumber daya kehutanan dan perkebunan serta sebagai media informasi dan promosi Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Wonogiri.
3.Memudahkan dan meningkatkaan mutu pengelolaan data Dinas Kehutanan dan Perkebunan secara online.
1.4. Batasan Masalah
Penelitian bisa maksimal dan terfokus, bila penulis membatasi penelitian pada pembuatan program aplikasi profil kehutanan dan perkebunan berbasis Web menggunakan PHP dan MySQL. Batasan masalah dibatasi dalam hal-hal berikut :
1.Pembuatan profil kehutanan dan perkebunan berbasis Web yang berisi informasi pegawai, database jenis tanaman, struktur organisasi, dokumen, video peliputan, harga tanaman dan peningkatan grafik produksi per tahun, serta informasi umum data-data yang berhubungan tentang Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Wonogiri.
2.Data yang dijadikan sempel merupakan data yang diambil dari buku manual statistik Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Wonogiri.
3.Menyajikan informasi terkini berupa berita serta membuat album foto kegiatan.
4.Pembuatan dan pengambilan data sesuai fakta di lapangan serta merupakan hasil dengar pendapat (public hearing) pada bagian administrasi.
5.Pembuatan Profil Web Dinas Kehutanan dan Perkebunan hanya sebatas Kabupaten Wonogiri.
1.5. Manfaat Perancangan
Manfaat dari perancangan program dan database ini adalah sebagai berikut:
1.Mendapatkan sebuah sistem informasi secara elektronis yang dapat diakses oleh masyarakat.
2.Meningkatkan efisiensi dan efektifitas untuk mengetahui perkembangan produktifitas per tahun serta program sosial yang dijalankan Dinas Kehutanan dan Perkebunan.
3.Menjadikan pegawai lebih aktif dan kreatif mengelola sistem informasi layanan masyarakat terhadap teknologi internet.
4.Didapatkan informasi yang secara tidak langsung juga dapat mempromosikan potensi kehutanan dan perkebunan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Wonogiri.
5.Menjadikan masyarakat terutama kaum petani lebih tanggap akan teknologi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar