WAJAH PERPUSTAKAAN KITA


JUDUL - JUDUL SKRIPSI / THESIS / KARYA ILMIAH

Jumat, 01 April 2011

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN ....

Abstract
SUMARSIH, SRI (2008)
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIIB SMP N 3 Kebakkramat)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII B SMP N 3 Kebakkramat, obyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B sejumlah 40 siswa dan peneliti sebagai subyek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif dengan metode alur. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Keaktifan siswa bekerjasama dengan anggotanya meningkat dari 0% menjadi 57,5% pada akhir siklus, (2) Keberanian siswa menjawab pertanyaan guru/mengerjakan soal ke depan kelas meningkat dari 10% mrnjadi 27,5%, (3) Siswa yang mengajukan ide atau tanggapan pada guru meningkat dari 5% menjadi 12,5%, (4) Siswa yang memberi tanggapaan jawaban siswa lain meningkat dari 5% menjadi 15%, (5) Siswa yang aktif membuat kesimpulan materi baik secara kelompok atau mandiri meningkat dari 25% menjadi 42,5%. Peningkatan hasil belajar siswa adalah nilai rata-rata kelas latihan terkontrol meningkat dari 93,125 menjadi 96,875. Sedangkan nilai rata-rata kelas latihan mandiri meningkat dari 77 menjadi 88,375. Kesimpulan penelitian ini adalah keaktifan siswa dan hasi belajar dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar