WAJAH PERPUSTAKAAN KITA


JUDUL - JUDUL SKRIPSI / THESIS / KARYA ILMIAH

Jumat, 01 April 2011

UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN ...

Abstract
Kurniawati, Meyla (2008)
UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Salatiga )

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran matematika dan dapat juga meningkatkan kreativitas siswa dalam mengemukakan ide dan melakukan percobaan/demons trasi dengan menggunakan alat peraga terhadap kegiatan belajar mengajar matematika pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, 2) meningkatan minat dan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan kontekstual. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 6 Salatiga yang berjumlah 42 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika dan kepala sekolah. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan persentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : 1) peningkatan minat siswa dalam pembelajaran matematika yang dibatasi pada perasaan senang siswa mencapai 34 siswa (81%), perhatian siswa mencapai 33 siswa (78,6%), dan kemauan siswa mencapai 32 siswa (76,2%) serta dalam upaya peningkatan kreatifitas siswa dalam mengemukakan ide dan mela kukan percobaan / demonstrasi dengan menggunakan alat peraga terhadap pembelajaran matematika mencapai 35 siswa (83,3%); 2) dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual (pendekatan kontekstual) siswa : a) mudah mengingat dan memahami serta dapat membangun sendiri pengetahuannya; b) memiliki kemauan sehingga siswa termotivasi untuk belajar matematika; c) semakin berani dalam melakukan ide dan melakukan demonstrasi dengan menggunakan alat peraga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar