WAJAH PERPUSTAKAAN KITA


JUDUL - JUDUL SKRIPSI / THESIS / KARYA ILMIAH

Senin, 11 April 2011

PEMODELAN NAVIGASI KAMPUS 1 DAN KAMPUS 2 UMS SECARA 3 DIMENSI MENGGUNAKAN BLENDER


BACHTIAR, YUSUF (2010)
Abstract

Pencarian lokasi atau bangunan sering menjadikan orang bingung dalam pencariannya. Seperti pencarian bangunan atau gedung dalam pendaftaran mahasiswa baru atau untuk mencari lokasi runag ujian, atau guna melakukan regristrasi untuk masuk ke universitas. Selain itu banyak mahasiswa dari universitas lain kesulitan dalam mencari lokasi perpustakaan untuk meminjam buku guna menyelesaikan tugas. Guna membantu mempermudah dalam pencarian bangunan, penulis membuat aplikasi pemodelan navigasi kampus 1 & kampus 2 UMS secara 3 dimensi. Dipilihnya kampus UMS dikarenakan saat ini penulis masih menuntut ilmu di universitas tersebut. Aplikasi ini nantinya dikerjakan dengan menggunakan software blender, yaitu suatu perangkat lunak untuk desain 3D yang bersifat opensource, yang artinya dapat dikembangkan oleh siapapun tanpa ijin. Aplikasi ini juga memiliki fitur yangv lengkap, karena sudah terintegrasi dengan pembuatan apalikasi game, sehingga dengan blender dapat membuat suatu sistim interaktif denagn tampilan 3 dimensi. Dalam pembuatan pemodelan ini unsur yang sangat penting adalah pembuatan model bangunan yang sebisa mungkin harus menyerupai dengan bangunan aslinya, karena nantinya pemodelan ini mempermudah pencarian bangunan bukan untuk mempersulit dalam pencariannya. Penggunana aplikasi ini tidaklah sulit, pengunjung tinggal menekan angka di keyboard untuk memilih gedung kampus yang akan dicari. Tampilan selanjutnya pengunjung tinggal menekan huruf yang tertera pada petunjuk dan nanti secara otomatis nanti komputer akan menunjukkan jalan menuju bangunan yang dikehendaki, dan pengunjung tinggal mengikuti jalan yang ditunjukkan di komputer. Pemodelan navigasi kampus ini dapat mempermudah dalam pencarian tempat terbukti dalam pengujian responden yang belum mengenal kampus UMS, dapat mencari bangunan dengan bantuan program ini, dengan selisih yang tidak jauh denagn mahasiswa UMS. Dalam pengerjaan dan untuk menjalankan program ini hendaknya menggunakan spesifikasi komputer yang cukup tinggi dan cepat untuk mendapatkan hasil yang bagus. Kata kunci:gedung atau bangunan, blender, 3 dimensi

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Nina adalah seorang gadis yang baru lulus dari sebuah SMU yang ada
di jawa tengah, dia ingin mendaftar disalah satu perguruan tinggi swasta yang
ada di solo. Tapi sesampai di kampus itu dia bingung karena dikertas formulir
hanya ada petunjuk untuk melakukan pendaftaran digedung auditorium.
Sedangkan dia tidak tahu dimana bangunan auditorium itu berada, untung saja
ada seseorang yang menunjukkan tempat tersebut. Keadaan ini bukan hanya
dialami oleh nina saja, tapi juga oleh orang lain. Banyak juga dari dosen tamu
yang berasal dari universitas lain kesulitan untuk menemukan bangunan
tempat mengajar, ataupun mahasiswa dari universitas lain yang sengaja
berkunjung untuk bersillaturahmi kesulitan menemukan tempat yang dituju
dikarenakan ketidaktahuan akan lokasi di kampus itu.
Mengacu pada hal-hal tersebut diatas, penulis berinisiatif membuat
suatu aplikasi pemodelan untuk memandu setiap orang untuk mengetahui
letak bangunan tersebut. Disini penulis akan membuat pemodelan kampus
UMS, dikarenakan penulis sekarang ini masih menuntut ilmu di perguruan
tinggi tersebut. Selain untuk memperkenalkan bangunan yang ada di UMS,
aplikasi ini juga dibuat untuk meringankan dan menghemat tenaga manusia
dalam memperkenalkan bangunan-bangunan yang ada di UMS, yang nanti
akan dijalankan secara komputerisasi.
Dalam pembuatannya penulis berencana menggunakan aplikasi
Blender, yang bentuk grafiknya akan menggunakan pencitraan 3 dimensi.
Penggunaan aplikasi 3 dimensi ini diharapkan akan bisa membantu dan
mempermudah dalam pencarian tempat di kampus UMS.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang penulis kemukakan di atas, maka
timbul berbagai permasalahan antara lain:
1. Bagaimana membuat dan merancang model navigasi kampus 1 dan
kampus 2 UMS secara 3 dimensi dengan Menggunakan Blender.
2. Bagaimana membuat sistem navigasi 3 dimensi yang detail dan jelas agar
mudah dipahami oleh publik pada umumnya.
C. Batasan Masalah
Pembuatan sistem navigasi kampus UMS agar tidak meluas dalam
pembuatan dan pembahasannya, maka perlu ada pembatasan masalah.
Adapun untuk pembatasan masalah sebagai berikut:
1. Model yang dibuat adalah bangunan kampus 1 dan kampus 2 UMS.
2. Mode animasi untuk proses pencarian bangunan.
D. Tujuan
Tujuan dari tugas akhir ini adalah membuat dan merancang pemodelan
navigasi kampus 1 dan kampus 2 UMS dengan pencitraan 3 dimensi
menggunakan Blender.
E. Manfaat
Manfaat dari pembuatan aplikasi ini adalah:
1. Mempermudah setiap orang untuk mengetahui letak bangunan yang
mereka cari di UMS.
2. Memberikan panduan kepada setiap orang tentang bangunan di UMS.
III.METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah
sebagai berikut :
A. Observasi dan perancangan
Metode dengan mengumpulkan data media pemodelan yaitu bangunan
kampus 1 dan kampus 2 UMS. Antara lain mengambil foto kondisi bangunan
meliputi:
1. Bentuk bangunan
2. Tata letak bangunan
3. Warna tekstur bangunan
B. Wawancara
Metode pengumpulan data dengan cara mengadakan tanya jawab
secara langsung kepada pihak-pihak yang berkaitan dalam melaksanakan atau
menyelesaikan data yang diperlukan untuk dapat memberikan informasi yang
dibutuhkan.
IV. SISTEMATIKA PENULISAN
Tugas Akhir ini nantinya disusun dengan sistematika penulisan yang
terdiri dari Lima bab pokok bahasan tiap bab adalah:
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang deskripsi tentang latar belakang, rumusan
masalah, batasan masalah, tujuan, manfaat, metode peneletian dan
sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini akan membahas tentang perngkat lunak yang dipakai
dalam pembuatan aplikasi. Yang berisi tentang pengertian dan
penjelasan mengenai Blender, Phthon dan Yaf(a)ray.
BAB III PERANCANGAN SISTEM DAN IMPLEMENTASI
Bab ini akan membahas tentang langkah dari proses perancangan
pemodelan navigasi kampus UMS dengan Blender beserta
implementasi perancangan tersebut kedalam komputer.
BAB IV PENGUJIAN SYSTEM
Bab ini menunjukkan hasil dari perancangan pemodelan navigasi
kampus dengan Blender beserta pengujian sistemnya.
BABV PENUTUP
Berisi tentang kesimpulan dan saran yang diperoleh selama dalam
proses pengerjaan pemodelan navigasi kampus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar