WAJAH PERPUSTAKAAN KITA


JUDUL - JUDUL SKRIPSI / THESIS / KARYA ILMIAH

Senin, 11 April 2011

ADIANTO, GIGIH WIRA (2010) PROFIL PARIWISATA KABUPATEN REMBANG BERBASIS WEB DENGAN PHP DAN MySQL


ABSTRAKSI
Perkembangan internet dan teknologi komunikasi sangat luar biasa dan jauh berbeda dengan masa awal kehadirannya. Web merupakan salah satu sumber daya internet yang berkembang pesat. Web telah membentang ke seluruh penjuru dunia, tidak hanya terbatas pada lembaga-lembaga penelitian yang ingin mempublikasikan hasil riset, digunakan oleh perusahaan bisnis untuk mendukung kelancaran usaha, web juga banyak digunakan untuk mengetahui atau bersilaturahmi antara konsumen atau pengguna internet serta sebagai media informasi yang sangat efisien.
Keberadaan internet saat ini sangat dibutuhkan untuk menunjang luasnya tingkat kebutuhan dan pengetahuan seseorang. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang semakin banyak informasi yang ingin diketahui dan dipublikasikan kepada masyarakat. Sebuah informasi dapat dikatakan berguna apabila ditopang oleh tiga hal sebagai berikut yaitu tepat pada kebutuhannya (relevan), tepat pada waktunya (timeline), dan tepat nilainya (accurate).
Perancangan profil pariwisata Kabupaten Rembang ini nantinya akan memudahkan dalam informasi pariwisata di Kabupaten Rembang yaitu tentang obyek - obyek wisata, kesenian, budaya, makanan khas serta masih banyak lagi informasi tentang Kabupaten Rembang. Selain itu, rancangan sistem informasi ini dapat memberikan manfaat kepada Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Rembang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemrograman PHP dan database MySQL dapat diaplikasikan dalam perancangan profil pariwisata Kabupaten Rembang. Profil pariwisata Kabupaten Rembang yang dirancang dapat mempercepat aliran informasi yang ada.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada era information technology saat ini, perkembangan dunia komputer sangat pesat terutama dibidang informasi. Keadaan seperti ini, perusahaan atau instansi akan membutuhkan sebuah informasi yang akurat, relevan dan dapat dijangkau diberbagai bidang untuk pengambilan suatu keputusan yang sangat efektif dan efisien, ini dikarenakan pengelolaan sumber daya yang penting yaitu informasi. Salah satu teknologi informasi yang berkembang sangat pesat adalah media internet yang dapat diakses dari mana saja, sehingga pemasukkan data dapat dari mana saja dan dapat dikontrol dari satu tempat sebagai sentral.
Perkembangan internet dan teknologi komunikasi sangat luar biasa dan jauh berbeda dengan masa awal kehadirannya. Web merupakan salah satu sumber daya internet yang berkembang pesat. Web telah membentang ke seluruh penjuru dunia. Tidak hanya terbatas pada lembaga-lembaga penelitian yang ingin mempublikasikan hasil riset, digunakan oleh perusahaan bisnis untuk mendukung kelancaran usaha, Web juga banyak digunakan untuk mengetahui atau bersilaturahmi antara konsumen atau pengguna internet serta sebagai media informasi yang sangat efisien.
Keberadaan internet saat ini sangat dibutuhkan untuk menunjang luasnya tingkat kebutuhan dan pengetahuan seseorang. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang semakin banyak informasi yang ingin diketahui dan dipublikasikan kepada masyarakat.
Seiring dengan perkembangan internet yang semakin pesat dan dengan melihat permasalahan tersebut, maka penulis berinisiatif membuat rancangan program dan database khususnya profil pada bidang pariwisata dan budaya. Hasil rancangan ini nantinya akan memudahkan dalam informasi dari suatu bidang pariwisata dan budaya yaitu tentang potensi pariwisata dan budaya yang ada di Kabupaten Rembang. Selain itu, rancangan yang akan penulis buat ini dapat memberikan manfaat kepada Dinas Pariwisata dan Budaya itu sendiri, khususnya bidang pariwisata di Kabupaten Rembang.
Kabupaten Rembang terletak di ujung paling Timur Laut Jawa Tengah, berada di Pegunungan Kendeng Utara, antara 111 00°-111 30° BT dan 06 30°-07 60° LS, yang sebagian wilayah merupakan daerah pantai yang membujur sepanjang pantai utara pulau Jawa kurang lebih sekitar 60 km. Letak ketinggian dataran yang terendah adalah 0 m dan yang tertinggi 806 m dari permukaan air laut (terletak di Gunung Lasem).
Sekitar Tahun Saka 1336, datanglah orang Campa Banjarmati sebanyak delapan orang yang membuat gula tebu. Orang-orang Campa itu pindah dari negerinya untuk membuat gula tebu. Mereka dipimpin oleh Kakek Pow Ie Din berangkat melalui lautan menuju ke Barat hingga mendarat di sekitar sungai dan kanan kirinya ditumbuhi pohon bakau. setelah mendarat, mereka mulailah menebangi pohon bakau yang selanjutnya tanah itu dijadikan pertegalan / perkarangan serta perumahan dan perkampungan.
Kampung tersebut dinamakan KABONGAN berasal dari “BAKAU” menjadi “Ka-Bong-An (kabongan)”. Pada suatu hari saat fajar menyingsing pada bulan Waisaka orang-orang melaksanakan Upacara sebelum pemangkasan tebu, dimana upacara tersebut dinamakan “ngRembang Sakawit”. Berdasarkan dari kata ngrembang inilah kemudian menjadi kata “Rembang” nama kota Rembang yang sekarang ini.
Pada dasarnya, Kabupaten Rembang mempunyai potensi pariwisata yang sangat besar dan tersebar, dengan didukung oleh letak geografis, kekayaan alam, seni dan budaya daerah, serta ciri khas yang menarik.
Mengingat hal tersebut, penulis ingin menggali potensi dan mengembangkan suatu sistem yang dapat membantu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk memberikan informasi lebih lengkap dan akurat, sehingga Penulis tertarik mengangkat judul : “PROFIL PARIWISATA KABUPATEN REMBANG BERBASIS WEB DENGAN PHP DAN MySQL”
1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang penulis kemukakan di atas, timbul berbagai permasalahan yang akan dibahas adalah :
1. Bagaimana membuat sarana informasi alternatif yang efektif mengenai Pariwisata khususnya di Kabupaten Rembang.
2. Bagaimana merancang dan membuat sistem informasi mengenai Pariwisata Kabupaten Rembang yang dapat memberikan pengetahuan dan informasi tentang pariwisata kota Rembang.
3. Bagaimana membuat sistem informasi yang mudah dipahami sehingga pengguna tidak menemui masalah dalam menggunakan.
4. Bagaimana membuat dan merancang program ini dengan PHP dan MySQL.
1.3 Tujuan
Perancangan program ini bertujuan sebagai berikut :
1. Memberikan informasi yang lengkap mengenai pariwisata Kabupaten Rembang.
2. Memberikan informasi secara cepat dan akurat tentang pariwisata Kabupaten Rembang kepada masyarakat umum dan wisatawan yang ingin berkunjung.
3. Mempermudah wisatawan untuk memperoleh informasi pariwisata di Kabupaten Rembang.
4. Mempermudah dan meningkatkan mutu penggelolaan Data Dinas Pariwisata dan Budaya secara online.
1.4 Batasan Masalah
Permasalahan ini menjadi jelas dam terarah bila penulis membatasi masalah sebagai berikut :
1. Perancangan program hanya pada Profil Pariwisata Kabupaten Rembang dengan PHP dan database MySQL.
2. Data yang dijadikan sebagai bahan merupakan data yang diambil dari buku manual dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Rembang.
3. Pembuatan program berbasis web ini berisi informasi pariwisata Kabupaten Rembang meliputi potensi pariwisata, gambaran umum, fasilitas, galeri serta informasi umum data – data yang berhubungan tentang Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Rembang.
4. Menggunakan Sistem Operasi Windows.
1.5 Manfaat
Manfaat dari perancangan program ini, antara lain :
1. Dapat dijadikan bahan masukan berupa informasi demi memperlancar pemasaran dan promosi pariwisata yang berada di Rembang.
2. Sebagai media center untuk pengembangan informasi pariwisata kabupaten Rembang.
3. Mempercepat dalam memberikan berbagai informasi pariwisata kepada wisatawan yang berkunjung.
4. Masyarakat menjadi tidak gagap lagi terhadap teknologi internet.
5. Menjadikan pegawai lebih aktif dan kreatif mengelola sistem informasi layanan terhadap masyarakat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar