WAJAH PERPUSTAKAAN KITA


JUDUL - JUDUL SKRIPSI / THESIS / KARYA ILMIAH

Kamis, 17 Maret 2011

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI IBU TENTANG PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PADA IBU DENGAN ANAK YANG DIHOSPITALISASI DI RSUD Dr. MOEWARDI SU

Abstract
Fahmi, Faiz (2010)

Kepuasan pasien merupakan tujuan utama dari pelayanan kesehatan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah perilaku caring perawat. Beberapa penelitian di Indonesia menunjukkan bahwa perilaku caring perawat masih tergolong dalam kategori sedang. Hasil observasi peneliti terhadap perilaku caring perawat di RSUD Dr. Moewardi Surakarta, menunjukkan bahwa perawat kurang dapat menunjukkan perilaku caring yang baik, misalnya perawat hanya memberikan perawatan kesehatan yang pada umumnya hanya memperhatikan kebutuhan fisik pasien saja. Perawat jarang memperhatikan kebutuhan-kebutuhan psikis pasien. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara perilaku caring perawat terhadap tingkat kepuasan pada ibu dengan anak yang dihospitalisasi di bangsal Melati II RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelatif. Sampel penelitian adalah 61 ibu dengan anak yang dihospitalisasi di bangsal Melati II RSUD Dr. Moewardi Surakarta dengan teknik random sampling. Intrumen penelitian menggunakan kuesioner.Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) persepsi pasien tentang perilaku caring perawat rata-rata adalah cukup baik (87%), (2) tingkat kepuasan pasien rata-rata adalah cukup puas (74%), dan (3) terdapat hubungan antara persepsi pasien tentang perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pada ibu yang anaknya dihospitaliasi di RSUD Dr. Moewardi Surakarta dengan rho 0,568 (p-value = 0,001). Kata kunci: perilaku caring perawat, kepuasan ibu, hospitalisasi anak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar